Perbanyakan Kopi Robusta Menggunakan Stek Batang Bawah BP 308

Penyiapan stek/ros batang bawah BP 308


Salah satu faktor penyebab terjadinya penurunan produktivitas kopi ditentukan oleh serangan nematoda parasit (Pratylenchus coffeae). Klon kopi BP 308 merupakan klon kopi robusta yang direkomendasikan sebagai batang bawah, hal ini dapat terbukti tahan terhadap serangan nematoda. Disamping BP 308 mempunyai keunggulan tahan terhadap serangan hama nematode parasit,Struktur batang dan akar sangat kuat, tolenran terhadap kondisi tanah tidak subur, mempunyai produksi yang cukup baik sekitar 1,2 ton/ha dan toleran terhadap cekaman kekeringan. Disamping itu juga mempunyai kelemahan diantaranya cita rasa BP 308 kurang baik, mutu biji kurang baik (ukuran biji kecil dan didominasi bentuk yang tidak normal), sehingga disarankan untuk digunakan sebagaiu sumber benih batang bawah. Sumber klon BP 308 bisa didapatkan dari kebun induk kopi yang telah memounyai sertifikat. Sumber Entres Kopi  Robusta Tersertifikasi untuk Provinsi Bali berada di lokasi Kebun Induk Kopi (KIK) Robusta di Kecamatan Pupuan yang sudah ada sejak 10 Nopember 1975.

Bahan dan Alat

Perbanyakan benih kopi robusta menggunakan batang bawah BP 308 dapat dilakukan memilih stek/ros dengan ukuran panjang 5-7 cm. Bahan lain yang disiapkan berupa media tanam  cocofit, pupuk kandang dan tanah subur (1:1:1), polybag ukuran 14 x 23 cm, ZPT akar, Beka Decomposer Plus,  plastik sungkup . Sedangkan bahn yang digunakan untuk pembuatan rumah bibit  diantaranya paranet, bambu dan tali rapia. Peralatan yang digunakan cangkul, skop, alat angkut/arco, sabit, gergaji, golok, linggis, meteran, benang sepat, gunting pangkas dan pisau okulasi.

Rumah Bibit

Rumah bibit dapat dibuat dengan menggunakan atap paranet dengan penyinaran antara 40-60%, tiang bambu setinggi ± 200 cm dengan panjang dan lebar dapat disesuaikan dengan tempat/lokasi dan jumlah benih kopi yang akan dibutuhkan. Selanjutnya dibuat tempat polybag benih kopi dengan lebar 120 cm dengan panjang disesuaikan dengan tempat benih kopi.

Penyiapan Media Tanam

Siapkan media tanam untuk menumbuhkan akar dari batang yang disetek. Media tanam ini harus memiliki drainase yang baik dan bisa mencengkram batang dengan kokoh. Campuran yang biasa digunakan adalah tanah subur, kokopit dan kompos dengan perbandingan 2:1:1.

Peremdaman stek/ros dengan larutan ZPT akar


Pelaksanaan perbenihan kopi BP 308 dapat dilaksanakan melalui : (1) Penyediaan batang bawah melalui pemotongan stek/ros klon BP 308,. Bahan yang digunakan untuk stek hendaknya diambil tunas-tunas air (wiwilan) yang berasal dari kebun entres. Stek yang berasal dari wiwilan  kebun produksi biasanya kurang baik. Ruas yang baik adalah ruas no. 2 dan 3, makin tua umur bahan stek, makin kecil daya perakarannya. Stek terdiri dari 1 (satu) ruas dipotong runcing sepanjang 5- 7 cm dengan sepasang daun yang dikupir hingga + 4 cm. Bagian pangkal dipotong miring satu arah (2) Peremdaman stek entres dengan menggunakan larutan ZPT akar selama kurang lebih 15 menit, (3) Meniriskan stek entres yang telah direndam dengan larutan Growntone, (4) Penanaman stek kedalam polybag yang telah disiapkan, (5) Penyemprotan stek/ros dengan menggunakan larutan Beka Decomposer Plus dengan perbandingan air sebanyak 2 cc : 1 liter, dan (6) Penyungkupan tanaman stek entres dengan menggunakan plastik sungkup.Perbanyakan Benih Kopi BP 308

Penyungkupan  benih stek/ross setalah ditanam

 

Sumber : Laporan Tengah Tahun Perbenihan kopi Robusta  BPTP Bali Tahun 2019