Obor Pangan Lestari

Ketersediaan  pangan dalam jumlah yang cukup sepanjang waktu merupakan keniscayaan yang tidak terbantahkan. Hal ini menjadi prioritas pembangunan pertanian nasional dari waktu ke waktu. Pemerintah melalui Kementerian pertanian mewajibkan seluruh jajaran dibawahnya dari pusat sampai daerah untuk membuat percontohan pelaksanaan kegiatan pemanfaatan lahan pekarangan  di lingkungan perkantoran sebagai percontohan penerapan teknologi yang mudah dijangkau dan diterapkan oleh masyarakat.

Tujuan kegiatan Obor Pangan Lestari tahun 2019 di BPTP Bali adalah 1). Sebagai percontohan untuk masyarakat dalam memanfaatkan pekarangan di halaman perkantoran dengan mendesiminasikan teknologi yang mudah diadopsi oleh masyarakat dan terwujudnya lingkungan kantor yang sejuk dan asri. 2). Menyediakan kebutuhan benih untuk Kebun Bibit Desa (KBD), Kelompok tani, sekolah, instansi, lembaga masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya serta masyarakat umum.

Kegiatan dilaksanakan di halaman kantor BPTP bali dengan beberapa aspek yakni, 1). Pengelolaan dan penyedian benih untuk kebutuhan display dilokasi kegiatan dan memenuhi kebutuhan masyarakat. 2). Display inovasi teknologi sebagai percontohan pemanfaatan lahan pekarangan, beberapa teknologi yang didislpaykan yaitu : budidaya tanaman sayuran dalam pot, Tanaman buah dalam pot, vertikultur dan hidroponik. 

Hasil pelaksanaan kegiatan selama satu tahun adalah penyemaian benih dilakukan di rumah persemaian menggunakan tray persemaian dengan menggunakan media kompos, benih yang telah diap tanam didistribusikan kepada fihak yang membutuhkan baik petani, sekolah, instansi pemerintah maupun masyarakat umum. Jumlah benih yang telah didistribusikan sebanyak terung 1300 pohon, cabai rawit 2000 pohon, tomat 600 pohon, cabai besar 400 pohon dan tanaman lain seperti pare, okra, rosella dll berupa biji siap tanam.