Program Utama >> Pendampingan dan Supervisi Kegiatan Pengembangan Usaha Agribisnis Pedesaan (PUAP) di Bali


 

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2007 jumlah penduduk miskin tercatat 37,2 juta jiwa. Sekitar 63,4% dari jumlah tersebut berada di perdesaan dengan mata pencaharian utama sector pertanian dan 80% berada pada skala usaha mikro dengan luas < 0,3 ha. Kemiskinan di perdesaan merupakan masalah nasional yang penanggulangannya menjadi prioritas utama dalam pelaksanaan pembangunan kesejahteraan social. Permasalahan utama yang dihadapi petani adalah kurangnya akses kepada sumber permodalan, pasar dan teknologi, serta organisasi yang masih lemah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka salah satu jalan yang ditempuh pemerintah melalui Departemen Pertanian adalah dengan program pendekatan pengembangan usaha agribisnis dan memperkuat kelembagaan pertanian di perdesaan (Deptan, 2009).

Pengembangan Usaha Agribisnis di Perdesaan (PUAP) merupakan program terobosan Departemen Pertanian yang dilaksanakan secara terintegrasi dengan kegiatan Departemen Pertanian maupun Kementerian/Lembaga lain di bawah payung Program PNPM-Mandiri. Program ini telah dilaksanakan mulai tahun 2008 tersebar di 10.504 desa/Gapoktan, dimana dana yang telah disalurkan sebesar Rp. 1.053.841.801.170 atau 98% dari target yang direncanakan (BBP2TP, 2009)

Tujuan dari pengembangan program ini yaitu: (i) mengurangi kemiskinan dan pengangguran melalui penumbuhan dan pengembangan kegiatan usaha agribisnis di perdesaan sesuai potensi wilayah, (ii) meningkatkan kemampuan pelaku usaha agribisnis, Pengurus gabungan kelompok tani (Gapoktan), Penyuluh Pendamping, dan Penyelia Mitra Tani (PMT), (iii) memberdayakan kelembagaan petani dan ekonomi perdesaan untuk pengembangan usaha kegiatan agribisnis, dan (iv) meningkatkan fungsi kelembagaan ekonomi petani menjadi jejaring atau mitra lembaga keuangan dalam rangka akses permodalan. Pada dasarnya program ini mempunyai misi, yaitu pemberdayaan masyarakat pedesaan secara partisipatif dalam upaya meningkatkan kesejahteraannya.