Bimtek Inovasi Pakan Ternak Sapi di Gerokgak-Buleleng

Denpasar - Hari ini Selasa, 4 Mei 2021 bertempat di Balai Subak Mukti Sari Bumi Desa Musi, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng dilakukan Bimtek inovasi teknologi pakan ternak sapi. Bimtek dilaksanakan dalam rangka kegiatan Hilirisasi Teknologi Penggemukan Sapi.

Acara diikuti oleh 40 orang peserta yang merupakan pengurus dan anggota Gapoktan Bina Karya Bakti. Dihadiri pula oleh PPL Wilbin Desa Musi. Seperti biasanya sebelum pelaksanaan bimtek dilakukan pengukuran pengetahuan, sikap dan keterampilan dari peserta bimtek terkait penerapan usaha ternak sapi penggemukan.

Materi bimtek yaitu pengenalan HPT (Hijauan Pakan Ternak) unggul dan pengolahan pakan ternak yang disampaikan oleh peneliti BPTP Bali I Made Londra, sedangkan materi menyusun formula ransum ternak sapi disampaikan oleh Yusti Pujiawati.

Setelah penyampaian materi secara teori dilanjutkan dengan praktek penyusun formula ransum. Selain itu juga dilakukan, pengolahan lahan plotting dan pembuatan demplot Hijauan Pakan Ternak (HPT) unggul. HPT yang didemplotkan yaitu rumput gajah odot, bio grass, pakchong dan indigofera dengan luasan 500 m2.

Acara ditutup dengan pembagian benih rumput bio grass kepada semua peserta bimtek untuk ditanam di lahan masing-masing.