Inovasi Teknologi Perbenihan Komoditas Salak Hasil Litbang Pertanian 1.250 Batang

Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dalam upaya mendukung perbenihan hortikultura varietas Salak Gula Pasir dimana keberadaan benih berkualitas sesuai lingkungan sekitarnya masih sangat dibutuhkan di Provinsi Bali. Pada TA. 2019 ini kembali diproduksi sebanyak 1.250 benih bersertifikat.

Diharapkan melalui kegiatan ini selain untuk memenuhi sebagian kebutuhan benih bermutu di Bali, juga dapat mendukung kebutuhan benih salak secara nasional. Sesuai arahan Menteri Pertanian, penguatan sektor pertanian dimulai dari penyediaan benih yang berkualitas. 

Selama ini permasalahan benih berkualitas dalam penyiapan dan ketersediaan menjadi kendala, sehingga diperlukan gerakan untuk mendukung penyiapan benih tersebut. Melalui proses dan prosedur sertifikasi dengan melibatkan stakeholders terkait dan dengan kemitraan dengan penangkar benih diharapkan hal tersebut dapat diatasi.

Adapun tujuan kegiatan adalah, Penyediaan Benih  salak yang bersertifikat sebanyak 1.250 pohon dan distribusi benih salak Gula Pasir sebanyak 1.250 pohon. Lokasi kegiatan perbenihan dilaksanakan ditempat perbenihan pada wilayah perkantoran BPTP Bali dengan sumber benih dari pohon induk bersertifikat yang ada pada penangkar di Bali.

Ruang lingkup kegiatan yang akan dilaksanakan untuk mencapai keluaran yang diharapkan, meliputi: (1) Konsultasi dan Koordinasi: penetapan jumlah benih bersertifikat yang akan diproduksi, dan identifikasi mencangkup identifikasi ketersediaan biji (pohon induk) di Kabupaten sentra Salak di Bali, serta identifikasi calon lokasi dan calon petani pelaksana kegiatan melalui survei lapangan; (2) pelaksanaan kegiatan (perbanyakan benih bersertifikat, distribusi, serta sistem informasi); (3) supervisi, monitoring dan evaluasi; (4) penulisan laporan.

 

Koordinasi dengan Dinas terkait (BPSB) sangat dibutuhkan dalam tahap awal pelaksanaan perbenihan Salak. Untuk Provinsi Bali benih yang akan diproduksi adalah benih Salak Gula Pasir dengan cara perbanyakan benih dengan biji.