Temu Tugas Peneliti, Penyuluh BPTP Bali di Buleleng

Buleleng - Rabu, 22 Januari 2020 telah dilaksanakan Temu Tugas Peneliti, Penyuluh BPTP Balitbangtan Bali dengan Penyuluh Pertanian di Kabupaten Buleleng. Yang bertempat di Dinas PErtanian Kabupaten Buleleng dan dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng Ir. I Made Sumiarta beserta Jajaran Penyuluhnya, perwakilan PPL dan Koordinator dari BPP di sembilan Kecamatan di Buleleng, Kepala BPTP Bali, serta Peneliti dan Penyuluh BPTP Bali sebagai Narasumber.

Dalam acara temu tugas kali ini dimoderatori oleh Jemmy Renaldi, SP,. M.Si,. Narasumber yang dimaksud yaitu Ir. Ketut Kariada, M.Sc menyampaikan materi tentang Pendampingan Kawasan Kopi, I Nyoman Adijaya, SP,.MP tentang Inovasi Teknologi Jagung, drh. I Nyoman Suyasa, M.Si menyampaikan tentang Inovasi teknologi komoditas kambing, Ir. Ida Bagus Gede Suryawan, M.Si., Ph.D dengan materi Teknologi Usahatani Padi, dan yang terakhir I Made Londra, S.Pt, MP. menyampaikan materi tentang Meningkatkan Mutu Genetik Ternak Sapi Bali Melalui Inovasi Teknologi.

Kadistan Buleleng  Ir. I Made Sumiarta setelah membuka acara temu tugas menyampaikan tentang Profil Distan Kabupaten Buleleng tahun 2020 serta program-program kedepannya. Kadistan Buleleng juga mengatakan bahwa pertanian menjadi tulang punggung perekonomian di Buleleng. “Bapak Bupati juga sudah memprogramkan bahwa bagaimana Buleleng di tahun 2020 ini menjadi sentranya produk-produk pertanian di Buleleng” jelasnya.

Selanjutnya Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng drh. Ni Luh Putu Prima Diantari Wati menyatakan terimakasihnya kepada BPTP Bali karena telah melaksanakan kegiatan temu tugas di Buleleng. Lebih lanjut dikatakan bahwa akan segera menindaklanjuti kegiatan temu tugas tersebut dengan pembuatan MoU kerjasama dengan BPTP Bali untuk pengisian materi di lokasi-lokasi BPP yang menjadi konstrantani. Kami akan segera membuatkan jadwal-jadwal untuk pengisian materi tersebut” ujarnya.   

Sementara itu kepala BPTP Bali menjelaskan tentang tujuan dari kegiatan temu tugas yaitu untuk memberikan informasi dan menerima umpan balik dari peserta untuk ke depan dilakukan penelitian dan pengkajian kedepannya. “ Inovasi apa yang dibutuhkan penyuluh dan petani itulah yang harus kita kerjakan ke depan”, jelasnya.