BPTP Bali Sambangi Peternak Ayam Kampung di Kabupaten Badung

Denpasar - dalam menjalankan usaha ternak ayam kampung tentu banyak kendala yang dialami. Begitu juga yang dialami oleh I Gusti Ngurah Gita Ketua Kelompok Ternak Manuk Lestari, Desa Abiansemal, Kec. Abiansemal, Badung. Sebagai seorang peternak ayam kampung dirinya mengaku sangat membutuhkan dukungan inovasi dari BPTP Bali dalam menjalankan usahanya.

Terkait dengan itu dirinya mengundang BPTP Bali untuk melihat langsung usaha ternaknya.
Memenuhi undangan tersebut hari Selasa, 16 Juni 2020 Plh. Kasi KSPP, Kasubag TU BPTP Bali serta peneliti berkunjung ke kelompok ternak Manuk Lestari sekaligus menjalin silaturahmi dengan kelompok.

Dijelaskan oleh ketua kelompoknya, Kelompok Ternak Manuk Lestari saat ini beranggotakan 21 orang dan bergerak dalam usaha ternak ayam kampung. Mereka memilih usaha ternak ayam kampung karena mereka yakin akan prosfek usahanya. Terkait dengan kebutuhan yang masyarakat Bali yang tinggi akan ayam kampung, terutama untuk kepentingan upacara adat dan keagamaan.

Plh. KSPP BPTP Bali I Nyoman Adijaya menyampaikan kepada ketua kelompok bahwa BPTP Bali siap memberikan dukungan berupa pendampingan inovasi jika dibutuhkan. "Mudah-mudahan ke depan bisa ada program yang bisa disinergikan untuk mendukung pengembangan usaha kelompok ini" ujarnya.

I Nyoman Adijaya juga menawarkan kepada ketua kelompok agar mengajukan permohonan ke BPTP Bali (bersurat resmi) agar nantinya bisa ditugaskan peneliti atau penyuluh BPTP Bali yang menangani bidang peternakan untuk membina kelompok mereka.