Santri Milenial Bali Mulai Panen Silase

Tabanan - Silase merupakan pakan ternak awetan hasil fermentasi. Silase umumnya dibuat dari tanaman rrumputan, brangkasan jagung, jerami, sorgum dan lainnya. Silase dapat dibuat dengan menempatkan potongan hijauan dalam silo. Kemudian menutupnya dengan ditutup plastik, atau dengan membungkusnya membentuk gulungan besar.

Selasa 5 Mei 2020 bertempat di Kelompoktani Matahari Desa Candikuning petani milenial melakukan panen olahan pakan silase. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan bimtek pengolahan pakan ternak yang diberikan dari BPTP Bali.

Ni Luh Gede Budiari, SPt.,MPt sebagai narasumber didampingi penyuluh swadaya Bapak Hadiman Marzuki memandu acara panen silase tersebut. Luh Gede Budiari menjelaskan silase yang baik dicirikan oleh adanya aroma yang khas dan harum seperti aroma tape.   

Sementara Hadiman Marzuki menambahkan dalam waktu dekat akan dirancang pelatihan kepada para santri lainnya. “Bila tidak memungkinkan untuk dilakukan tatap muka langsung dengan tim BPTP Bali maka bisa dilakukan dengan vidio conference” ujarnya.

Hadiman juga mengharapkan bimbingan BPTP Bali dapat berkelanjutan. “bimtek-bimtek seperti inisangat dibutuhkan oleh para santri milenial” tambahnya.  

Pada kesempatan ini dilakukan pula uji coba pemberian pakan silase untuk ternak kambing, dan terlihat ternak kambing sangat lahap memakan silase.