BPTP Bali Tetap Mengawal Produksi Ternak Petani di Masa Pandemi Covid-19

Denpasar - Pandemi Covid-19 yang belum kunjung usai. Akan tetapi hal itu tidak menyurutkan semangat tim Pengkaji BPTP Bali untuk terus mengawal peningkatan produksi ternak di Bali. Hari Kamis 14 Mei 2020, bersama Kelompok Tani Ternak Satya Semaya Merta Nadi, Br. Nyawah, Desa Selulung, Kecamatan Kintamani-Kabupaten Bangli. Tim pengkaji BPTP Bali melaksanakan kegiatan penimbangan ternak sapi penggemukan. Selain itu dilaksanakan juga pemberian layanan kesehatan ternak berupa pemberian vitamin dan obat cacing.

 

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mengkaji pemanfaatan bahan lokal bernutrisi tinggi, mampu meningkatkan produktivitas sapi bali. Dalam kajian ini menurut Sisca Jati Utami (Peneliti BPTP Bali) kajian ini menggunakan paket teknologi pakan dedak, tepung indigofera, ubi rambat dan daun ubi sebagai sumber pakan lokal. Selain itu dikatakan pula guna mengamankan ketersediaan pakan dilakukan juga penyerahan sebanyak 2 kg biji tanaman indigofera, dengan harapan akan ditanam oleh masing anggota kelompok. Indigofera ini merupakan pakan ternak unggul bernutrisi tinggi.

 

Selain itu juga dilakukan penyerahan tepung indigofera, dan dedak kepada kelompok untuk ketersediaan pakan ternak sehingga diharapkan dapat membantu ternak untuk tetap berproduksi dengan baik selama masa covid ini.